Monday 16 June 2014

RINCIAN KARANGAN PENULISAN ILMIAH DALAM PEMBUATAN APLIKASI BELAJAR ARITMATIKA UNTUK ANAK USIA 6 TAHUN




1. Tahapan Persiapan
Pada tahap ini kita melakukan persiapan untuk memulai penulisan dengan mengumpulkan data-data atau bahan-bahan yang akan kita muat dalam penulisan ilmiah. Hal pertama yang dilakukan adalah menentukan topik bahasan dan aplikasi apa yang akan dibahas dan dibuat, lalu merumuskannya pada latar belakang dan batasan masalah serta metode penulisan yang akan dipakai.

2. Tahapan pengumpulan data
Pada tahap pengumpulan data ini kita harus mencari data dari berbagai sumber, dengan cara melakukan studi lapangan yaitu Mencari dan mengambil data-data referensi tentang Aplikasi aritmatika ini dengan mewawancarai anak-anak usia 6 tahun. serta melakukan studi pustaka, yaitu Dengan mengumpulkan data informasi dari Website dan buku-buku yang membahas tentang aplikasi yang akan kita buat.

3. Tahapan Pengorganisasian
Pada tahap ini kita bisa mengelompokan data-data yang sudah terkumpul dalam suatu bab atau sub-bab yang ada pada penulisan ilmiah agar lebih terstruktur dan dapat dimengerti oleh pembaca atau user.

4. Tahapan pemeriksaan/Penyuntingan konsep
Pada tahap pemeriksaan ini kita harus memeriksa aplikasi yang di buat dalam penulisan ilmiah tersebut secara detail agar tidak terjadi kesalahan dengan cara melakukan beberapa pengujian, yaitu pengujian sistem dan pengujian konten. Pada tahap pengujian sistem aplikasi dilakukan menggunakan program macromedia flash professional 8, sedangkan untuk tahap pengujian mengenai konten aplikasi dilakukan menggunalan kuisioner (pertanyaan) yang berhubungan dengan penelitian dari sistem oleh pengguna (user). Jika program aplikasi mendapat penilaian yang baik, maka program aplikasi tersebut bisa digunakan oleh anak-anak pada umumnya. Sedangkan untuk penyuntingan konsep kita haru bisa membuat aplikasi tersebut semenarik mungkin agar user dapat tertarik pada aplikasi yang kita buat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan efek-efek  animasi tambahan dan gambar-gambar yang menarik.

5. Tahapan penyajian
Pada tahap ini kita bisa menyajikan aplikasi yang kita buat dengan berbagi pilihan penyajian, diantaranya bisa disajikan dalam bentuk aplikasi (.exe) atau dalam bentuk compaq disk (CD) ataupun bisa kita convert ke dalam website.

No comments:

Post a Comment