Saturday 16 April 2011

Komunikasi Dalam Organisasi


Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah, proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dimengerti. Dalam penyampaian atau penerimaan informasi ada dua pihak yang terlibat yaitu :
1. Komunikator : Orang atau kelompok orang yang menyampaikan informasi atau pesan
2. Komunikan : orang atau kelompok orang yang menerima pesan.

Dalam berkomunikasi keberhasilan komunikator atau komunikan sangat ditentukan oleh beberapa faktor yaitu:
1. Cakap
2. Pengetahuan
3. Sikap
4. Sistem Sosial
5. Kondisi lahiriah

Bagaimana Menyalurkan Ide
1. IDE
(gagasan)‏
Si Sender
2. PERUMUSAN
Di sini ide
Si sender
Disampaikan
Dalam
kata-kata
3. PENYALURAN
(transmiting)
Bisa lisan,
tertulis,
mempergunakan
Simbol atau
isyarat
4. TINDAKAN
Misalnya
Perintah
Dilaksanakan
5.  PENGERTIAN
Disini kata-kata
Si sender
Menjadi ide si
receiver
6. PENERIMAAN
Oleh si
Penerima Berita
(Penangkap
Berita)

Hambatan-Hambatan Komunikasi
Pada sebuah proses komunikasi yang terjadi terkadang kita juga akan mengalami banyak hambatan dalam berkomunikasi. Beberapa Hambatan Komunikasi adalah :
a. Hambatan sematik
Komunikasi yg disebabkan oleh fakor bahasa  yg digunakan oleh para pelaku komunikasi
b. Hambatan mekanik
Komunikasi yang disebabkan oleh factor elektrik, mesin atau media lainnya
c. Hambatan antropologis
Hambatan yg disebabkan oleh perbedaan pada diri manusia
d. Hambatan psikologis
Hambatan yg disebabkan oleh factor kejiwaan .

No comments:

Post a Comment